Senin, 16 Februari 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



TUGAS KE-2 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Pada dunia usaha banyak proses transaksi yang berhubungan dengan SIM seperti Transaction Processing System (TPS), Decision support systems (DSS), Executive information systems (EIS), dll.
1.  Salah satu jenis subsistem Transaction Processing System (TPS) ialah Purchasing (Pembelian). Didalam Purchasing ini tidak hanya mengkordinasi pembelian barang kepada konsumen saja tetapi proses SIM dilakukan dari mulai awal barang itu dipesan oleh perusahaan kepada supplier hingga akhir sampai ke pasar yaitu kepada konsumen.
Data awal yang diberikan supplier kepada relasi data masih mentah belum di olah. Tugas bagian pembelian yaitu mengolah data awal, memilih data lalu di proses oleh SIM sampai akhirnya menghasilkan sebuah PO (Purchasing Order). PO dikirim kepada supplier agar permintaan dipenuhi, PO dikirim bisa berupa faktur dengan cara di email, di fax, lewat telpon atau bisa datang langsung ke tempat supplier. Setelah PO terbit tugas supplier untuk menyeleksi apakah PO yang diterbitkan bagian pembelian akan dipenuhi semua atau di pilih kembali. Setelah sepakat, barang dipenuhi dan dikirim ke pasar tugas bagian penjualan yang menangani lalu bagian penjualan memberikan data barang apa saja yang terjual. Setelah data diterima bagian penjualan tugas bagian pembelian untuk mengolah data kembali untuk proses pemesanan kembali. Barang yang di pesan bisa berupa barang baru yang nantinya di proses oleh SIM seperti pada awal tadi atau barang yang best seller dengan hasil yang dikeluarkan oleh bagian pembelian berupa Repeat Order (Pemesanan kembali).
2.  DSS adalahinteraktif, sisteminformasiberbasiskomputer yang menggunakan model keputusan dan database khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajerial end users. Salah satu jenis subsistem Decision support systems (DSS) ialah sebagai contoh, program Best Omzet . Program ini membantu untuk semua bagian terutama untuk bagian pembelian, penjualan, keuangan, manajer dan yang membutuhkan informasi tersebut. Didalam program tersebut memuat jenis laporan berupa jenis barang yang terjual baik per judul/per kategori barang yang terjual, kemudian berisikan jumlah omzet yang diterima dalam periode tertentu dan berisikan nama supplier yang bekerjasama serta nama cabang toko yang melakukan transaksi tersebut sehingga siapa yang membutuhkan informasi tersebut bisa diambil sesuai dengan keperluannya.
3.  Executive information systems (EIS) adalah tipe SIM yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen atas. Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis komputer adalah menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen atas. Jadi EIS harus mudah untuk dioperasikan dan dimengerti. Setiap manajer pasti menerapkan EIS kecuali kalau perusahaan tersebut yang menggunakan laporan masih manual. Manajer pada perusahaan dimana tempat saya bekerja menerapkan EIS. Setiap karyawan diharapkan memiliki email dan YM agar mudah dalam prose pelaksanaan informasi yang akan di sampaikan oleh manajer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar